Sabtu, 10 Maret 2012

manfaat air putih

Sebagian dari temen2 pasti udah tau yang namanya air putih.. (keterlaluan kalo ga tw)….
Nah, Sebagian dari kalian juga tau manfaat dari air putih.. tapi ga 100% tau,..
Jadi hari ini bahas tuntas manfaat air putih yang benar2 menakjubkan.. and semoga bisa di inget ampe tua…(tenang,,, yang inget tentang manfaat ini and bener2 di terapin.. aku yakin hidupnya sampe tua.. :) )
Air Putih itu memiliki banyak manfaat..
1. Menyehatkan Jantung
Air itu sangat berguna bagi kesehatan jantung.. Ini udah di teliti oleh para ilmuwan, and juga udah banyak pengobatan yang memanfaatkan air putih..(jadi ga cepet dag dig duerr jantungnya)
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan, dll.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Air juga dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh,..
3. Perawatan kecantikan
Mungkin mendengar kata kecantikan anda pasti berpikir itu khusus cewek,,tetapi tidak. ini juga berlaku pada pria..
Bila kita kurang air minum, maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput.. jadi buat cwe nih, banyak – banyaklah minum air putih agar kulit tetep seger and ga cepet keriput.. Kan ga enak kalo kulit cepet keriput.. Memang sih, banyak obat-obat kecantikan untuk mengatasi kulit keriput. Tetapi akan lebih baik kalo menggunakan cara yang alami kayak minum air putih,.Karena khasiatnya akan lebih..
4. Tubuh lebih bugar
Dengan banyak minum air putih, tubuh akan lebih bugar and selalu bersemangat..
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Sebagian orang mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Bayangkan aja,, air putih yang selalu kita remehkan karena mungkin harganya yang murah ..(GrATISS!!).. Memiliki manfaat yang sebesar itu.
Sebenernya aku menuliskan artikel tentang air putih ini juga karena aku suka minum air putih..So, aku juga mau bagi tips buat temen2 cara minum air putih yar ga lupa..Sebagian dari temen2 pasti pengen juga banyak minum air putih, tapi ga mungkin kan minum 8 gelas dalam satu waktu…Maunya minum 2 gelas, kemudian minum 2 gelas lagi dst..
Tetapi pasti sering lupa, karena ga da alarm nya..
Nah, sekarang aku mau beri tahu cara membuat alarm agar ga lupa minum air putih..
Aku udah ngebuktiin,,dengan begini aku bisa minum ampe 20 gelas/hari..(Gila kan,,tapi fakta..cuma hari libur aja..kalo hari sibuk ga bisa).
Khususnya buat yang lagi sekolah nih,, yang pulang sekolah seharian ampe makan malem cuma di rumah aja..
Ah, okela ..gini deh..
Awalnya minum 2 gelas – 3 gelas.. kalo bisa semakin banyak semakin bagus..
Sekarang kamu bikin jadwal di otak kamu dengan motto gini..
“Setelah buang air kecil, Saya akan minum 2 gelas air”
Nah,, kira2 sejam kemudian kamu akan ngerasa ingin buang air kecil..
Abis kamu buang air kecil, langsung ambil gelas di dapur..terus minum 2 gelas air lagi..
Sejam kemudian kamu bakal pengen buang air kecil lagi..
Minum lagi deh 2 gelas.. terus buang air kecil lagi..
Kamu akan merasakan betapa lancarnya perederan darah dalam tubuh, sampe kamu akan berpikir wah, nih air cuma ngalir doang didalem tubuh abis itu keluar..termasuk gw..
Tapi sebenarnya ga gt..Sebenernya air terus menerus melakukan aktifitasnya melancarkan peredaran darah, memperlancar pencernaan, dan menjaga organ2 tubuh..
Mungkin sulit ya buat yg sibuk, karena setiap jam musti ke toilet..
Tapi kalo mau berenti kalian cukup tidak minum air lagi setelah buang air kecil..
Dan setiap hari aku ngelakuin ini,walau kadang ga teratur sih..
Tapi di usahakan setiap hari itu minum 8 – 10 gelas /hari..
Buat yang penasaran napa gw kog rajin banget mau minum air serutin itu.. sebenernya ada tujuan khusus juga,,sehingga membuat aku bisa rajin and sesemangat itu..
Karena aku ingin menjadi yang pantas baginya.. :)
Jadi kalo kamu ingin berhasill, kamu harus bikin motivasi yang sangat mendorong.. kayak aku..
Aku sangat mengucapkan terima kasih kepadanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar